logoblog

Cari

Tutup Iklan

Liburan Ala Anela dan Ayahnya

Liburan Ala Anela dan Ayahnya

KM. POKER_Anita Luthfiyati Anela yang kerap dipanggil Anela adalah seorang anak yang tergolong cerdas jika dibandingkan dengan anak-anak yang seusia dengannya.

Cerpen

KM. Pondok Kerakat
Oleh KM. Pondok Kerakat
26 Desember, 2016 10:57:04
Cerpen
Komentar: 0
Dibaca: 9888 Kali

KM. POKER_Anita Luthfiyati Anela yang kerap dipanggil Anela adalah seorang anak yang tergolong cerdas jika dibandingkan dengan anak-anak yang seusia dengannya.  Anela yang masih duduk dibangku TK dan kini sedang libur panjang akhir semester satu setelah pembagian raport. Anela yang kini berusia enam tahun hidup dengan single parent alias kedua orang tuanya telah bercerai. Namun kejadian tersebut bukanlah menjadi hambatan baginya dalam mengembangkan psikomotoriknya. Anela yang kini masih dalam buaian ibunya (tinngal bersama ibunya) namun walau begitu buaian sang ayah serta nafkah selalu berikan kepada Anela.

Sang ayah setelah mengetahui akan si puteri jelitanya libur sekolah, dia langsung menjemput si buah hatinya ke rumah mantan isterinya. Liburan kali ini, sang ayah mengajak Anela ke Sawah untuk mengenal tumbuhan serta memperkenalkannya pada peroses penanaman dan pemanenan hasil pertanian. Selanjutnya Anela juga diperkenalkan berbagai macam hewan dan tumbuh-tumbuhan, mulai dari tanaman yang dikotil dan monokotil serta kelompok mamalia, ampibi dan kelompok hewan lainnya. Dihari selanjutnya, Anela diajak kekebun untuk memetik kelapa sekaligus panen kelapa di kebun kelapa milik kakek dan neneknya.

Berlibur ala Anela dan Ayahnya membuat si putri yang kerap di panggil “jintut” ini membuatnya begitu berbeda dengan liburan teman-teman seusianya. Maklum ayahnya Anela adalah hidup di kampung dan besar diatas tanah sawah dan kebun. Kesengajaan sang ayah membawa buah hatinya berlibur ke kampung halamannya adalah untuk memperkenalkannya bagaimana sih kehidupan orang di kampung yang selalu di pandang sebelah mata oleh orang-orang kota. Itulah sebersit alasan sang ayah untuk membawa anaknya berlibur ke kesawah dan kebun.

Pada sela-sela liburan mereka, sang ayah tak lupa juga untuk menyambungkan komunikasi sang anak dengan ibunya agar si ibu tak khawatir akan keadaan Anela serta mengetahui akan apa saja yang dilakukan sang anak dengan bapaknya ketika Anela jauh dari ibunya.

Pada hari selanjutnya, sang ayah membawa anak semata wayang dari hasil pernikahan dengan mantan istrinya itu ketempat kerjanya yang berada diperbatasann wilayah timur sana. Sanga ayah menyiapkan perlengkapan sang anak, mulai dari baju, perlengkapan mandi dan hal yang menunjang kesehatan sang anak. Walau sedikit terganggu dengan cuaca namun liburan mereka yang ini tidak menyurutkan semangat dan keinginan sang anak untuk mengunjungi tempat kerja sang ayah. Dan Alhamdulillah bagian ini berjalan sesuai dengan rencana.

Tidak hanya sampai disana kebahagiaan Anela yang diberikan oleh ayahnya. Sesampainya ditempat kerja ayahnya, Anela diperkenalkan spesies bunga bangkai (raflesia) bunga yang tergolong langka ini tumbuh di halaman rumah tempat ayahnya tinggal. Selanjutnya anela diajak mengunjungi rumah sahabat-sahabat sang ayah. Kehadiran Anela ditengah kerabat-kerabat sang ayah membawa suasana baru bagi kerabat-kerabat sang ayah. Hal ini ditujukan oleh sang ayah agar buah hati tercintanya mengenal seperti apa sang ayah dan hal yang patut untuk dicontohi.

 

Baca Juga :


Melihat kebahagian sang anak adalah hal paling indah bagi orang tua seperi ayah Anela. Berlibur ke rumah ayah juga menjadi kebanggaan bagi Anela walaupun single parent. Dan selama dia berada dalam dekapan ayahnya si jintut ini tak pernah menangis bahkan rewel mencari ibunya seperti anak-anak yang lain ketika ia sedang jauh dengan ibunya terlebih dengan single parent seperti dia.

Dan ternyata, berlibur ke sawah dan kebun seperti anak kampung memberikan suasana yang berbeda bagi Anela dan tak kalah asyiknya dibandingkan berlibur ke tempat-tempat liburan seperi biasanya. Disamping itu berlibur ala Anela dan Ayahnya ini meningkatkan ilmu pengetahuan bagi sang anak dalam mengenal lingkungan sekitarnya. Serta mengurangi kemanjaan dari sang anak dan mengurangi uang jajan sang anak. _Calliem Sanir.

Salam dari KM. POKER untuk segenap warga Kampung Media. () -03



 
KM. Pondok Kerakat

KM. Pondok Kerakat

Nama : Sahlim TTL: Sukamulia, 31 Desember 1990 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama: Islam Pekerjaan: Swasta Alamat; Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya Kab. Lotim No HP: 085-337-389-991/081918295283

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan