Empat Kecoak Jantan di Rumah Ku. Bagian Tiga

KM. POKER_Matahari telah melalui ujung pandangan bola mata ini. Jangkrik-jangkrik dan kumbang mulai meramaikan suasana malam di pondok kami. Dari corong masjid suara Adzan Isya mulai di kumandangan. Lampu-lampu menyinari pemukiman disekeliling kami. Lampu tambak yang benderang seperti lampu pesta di pasar malam. Bintang-bintang yang bertaburan dan berkedip mengindahkan langit malam.

Dari balik bisingnya nyanyian kumbang, terdengar suara kegaduhan dari dalam dapur. Empat kecoak jantan ku sedang menyiapkan makan malam. Empenk sebagai juru masak sedangkan Agul, Kacun dan Onyos menyiapkan perlengkapan yang lainnya. Dari balik kegaduhan suara perabotan, Kacun dan Agul berdebat tentang makanan. Sedangkan Onyos hanya terdiam sembari mencari perabotan yang masih tak ditemukan. Sedangkan saya dan saudara-saudara yang lainnya, mengintip suara kegaduhan dari ruangan yang bersampingan dengan dapur sambil menyelasaikan beberapa perangkat dan tugas yang belum usai kami kerjakan.

Tak lama kemudian, terdengar suara salah satu kecoak ku memanggil. Makan malam sudah siap pak, itu yang saya dengar. Kamipun keluar satu persatu dari pintu yang tak berdaun di ruangan itu. Nasi telah disediakan di piring sedangkan lauknya masih terkapar di dalam wajan yang menyisakan panas akibat baru saja usai diturunkan dari kompor. Menu makan malam saat ini, sambal kedelai kering dengan ikan kering yang dibawa oleh Kacun. Tak perlu menunggu lama, kamipun mulai menyergap menu ala kadarnya. Kecoak-kecoak jantan ku terlihat begitu lahapnya menyantap menu yang mereka buat.

Setelah makan malam usai, para kecoak ku membereskan piring, wajan dan perabotan yang kotor untuk mereka cuci agar esok paginya mereka tak perlu menunggu lama untuk sarapan. Sedangkan saya dan kedua saudara lainnya, melanjutkan kegitan sembari menikmati nikmatnya asap dari tembakau lokal yang menyimpan rasa khas dari racikan petani traditional. Canda tawa mulai tercipta dari wajah-wajah lugu dan kalimat para kecoak jantan ku yang kekenyangan.

Beberapa waktu kemudian, mereka mulai terbangun dan meninggalkan canda tawa yang mereka ciptakan. Satu persatu mereka melangkahkan kaki menuju ruang kamar masing-masing untuk mengambil buku pelajaran serta menyelesaikan tugas rumah yang mereka dapatkan dari sekolah tadi pagi. Sambil menenteng buku, mereka kembali ke hadapan kami untuk melakukan diskusi serta tanya jawab akan hal-hal yang mereka belum pahami dari sekolahnya. Mereka juga tak lupa membawa dan mengecek buku pelajaran untuk hari esoknya. Serta menyelesaikan tugas rumah yang masih belum selesai.

Waktu telah menunjukkan pukul 09.30 pm, sayapun meminta mereka untuk merapikan buku-buku pelajaran serta meminta mereka untuk memamsukkan buku pelajaran hari esok kedalam tas sekolah mereka masing-masing. Tak lupa pula saya perintrahkan mereka untuk segera mengambil posisi tidur agar esok mereka bangun lebih pagi dari kokokan ayam dan sang fajar.

Sunyinya malam mulai terasa, nyanyian kumbang malam semakin memokuskan pendengaran. Lolongan anjing terdengar jelas ditelinga. Suara bising kendaraan mulai memudar di jalan raya. Lampu-lampu pemukiman warga satu persatu mulai meninggalkan kegelapan. Taburan bitang di langit sana terlihat semakin ramai mengindahkan langit yang gemilang.

Kedua matakupun mulai mengantuk, jari-jari tangan ku mulai merasakn pegal dan ujungnyapun mulai merasakan lelah dan sakit. Badan dan pinggang serta otak mulai merasakan pegal dan capek. Sayapun mulai meninggalkan komputer yang stand by di hadapan ku. Selimut dan bantal serta tikar yang di kamar tidur ku serasa memanngil untuk dikenakan. Ku rebahkan raga ini di atas tikar dan bantal. Lalu selimut ku kenakan untuk menutupi sekujur tubuh yang lelah ini.

Ke empat kecoak jantan ku, mereka sudah berada dalam genggaman sang dewi mimpi. Suara jankrik dan burung hantu serta suara-suara kumbang malam mengantar lelah ku di kamar tidur ku yang sederhana. Kini aku telah siap tuk bermimpi._Sahlim [3]

Tobe Continue……

Salam dari KM. POKER untuk segenap anggota Kampung Media dan para Pembaca.. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru